Pemberdayaan Komunitas " Membantu Mempromosikan Produk Jajanan Tetangga "

             Rempeyek atau peyek 


Hallo everyone....
Berjumpa lagi diblog saya....
Kali ini saya akan memperkenalkan produk jajanan milik tetangga saya.

Tulisan blog ini bagian dari produk pembelajaran pada komunitas pemberdayaan untuk  membantu mempromosikan produk jajanan tetangga, mapel sosiologi.



Siapa yang tidak kenal dengan rempeyek atau sebagian besar orang jawa menyebutnya sebagai peyek. campuran tepung beras, dengan tupping kacang tanah, kedelai dan lain-lain. camilan ini amat disukai, oleh banyak orang. Dengan kombinasi bumbu yang pas, bawang putih, kencur, garam, kemiri, dan irisan daun jeruk, membuat camilan ini dikenal hampir semua kalangan.

Camilan khas pulau Jawa ini hampir selalu ada di berbagai restoran khas Indonesia, pasar tradisional, juga swalayan. Rasanya yang asin dan gurih selalu bikin ketagihan, dan nikmat dihidangkan saat makan atau sebagai camilan. Rempeyek juga termasuk Hidangan  populer saat Hari lebaran.



Dalam membuat tugas pemberdayaan komunitas ini saya mendatangi beberapa tetangga saya yang memproduksi berbagai olahan jajanan tradisional. Tetapi Dari sekian banyaknya jajanan ,saya tertarik untuk mempromosikan Rempeyek buatan Ibu Ummah.

Saya memilih untuk mempromosikan Rempeyek buatan Ibu Ummamah ini karena, Menurut saya buatan rempeyeknya sangat enak , gurih, dan rempah rempah nya begitu terasa, terasa berbeda dengan rasa rempeyek yang pernah saya makan.


Berikut adalah:
• Produk Jajanan Ibu ummamah
Rempeyek atau sering disebut peyek , makanan ini berasal dari Jawa yang dikelola secara turun temurun.

• Identitas Produk
Rempeyek kacang tanah Ibu ummamah 

• Alamat
Rempeyek kacang tanah yang dibuat ibu ummamah ini bisa kita jumpai di Desa Sidorejo, 
Kecamatan Pamotan
Kabupaten Rembang


• Berat Produk
Berat produk rempeyek kacang tanah yang dibuat oleh Ibu Ummah ini dibungkus dan beratnya sekitar 150gram, dengan ukuran 30x15 cm.


• Harga Produk
Harga dari 1 kemasan rempeyek Ibu Ummamah ini Rp 2.500,00



* Komposisi 

-  Bahan-bahan:
Tepung beras 1 pcs
Kacang tanah ½kg

- Bumbu: 
Kemiri
Ketumbar
Daun jeruk
Bawang
Kencur
Kunyit
Garam (secukupnya)


*Cara membuat 
1. Haluskan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan
2. Setelah halus , tambahkan air kedalam bumbu yang sudah dihaluskan, dan aduk hingga tercampur rata
3. Kemudian campurkan tepung beras kedalam bumbu yang sudah diberi air, aduk hingga tercampur.
4. Kemudian tambahkan kacang tanah , dan aduk
5. Setelah itu masak (digoreng)
6. Peyek kacang sudah jadi



Catatan: Kita sebagai generasi penerus bangsa kita harus menjaga dan melestarikan jajanan tradisional yang ada di daerah kita, dan kita jangan melupakan kewajiban kita sebagai manusia untuk saling tolong menolong.


Sekian dari blog saya, Terimakasih, telah menyempatkan membaca blog saya, kurang lebihnya dari kata perkata mohon maaf🙏☺️🌺🌺.
Sampai jumpa diblog selanjutnya 👋
.
.
.
.
.
.
.

Penulis: Fitri Wahyuningsih
Alamat : Ds. Sidorejo RT 01 RW 01, Pamotan, Rembang
Email: fitriningsih6088@gmail.com





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Layanan Jasa Les private

Mango Sticky Rice Arion

Silsilah Keluarga Ku