Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

 Jamu Kunyit Asam Keluarga Bu Ismulyati

Hi everyone...
Jadi disini saya akan menceritakan pengalaman saya membuat minuman tradisional atau sering disebut dengan obat /jamu jawa.
•)Pengalaman membuat jamu tradisional
   Bagi saya Membuat jamu tradisional sangat menyenangkan karena saya bisa mengenal obat tradisional dan juga bisa  mencoba dan belajar membuat jamu tradisional . Saya memilih untuk mencoba membuat jamu kunyit asam karena saya yakin dengan prosesnya yang tidak begitu  sulit dan sekaligus saya sangat menyukai jamu kunyit asam, yang memiliki aroma yang enak. Dan bahan-bahan untuk membuat jamu kunyit asam pun yang di butuhkan juga mudah di dapatkan, yaitu seperti kunyit, asam Jawa, gula merah,dan gula pasir. Jamu  kunyit asam pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.  Inilah pengalaman pertama kalinya, saya membuat jamu tradisional bersama dengan keluarga ku. 

•) Pengertian jamu Kunyit Asam
 Jamu Kunyit Asam adalah terbuat dari bahan dasar kunyit dan dicampuri dengan asam jawa. Minuman berwarna kuning dengan rasa asam manis ini mempunyai kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

•) Bahan - Bahan
   1. Kunyit
   2. Asam Jawa
   3. Gula merah
   4. Gula pasir/ gula putih
   5. Garam
   6. Air

•) Cara membuat
  1. Kupas kunyit hingga bersih, setelah itu cuci
  2. Kemudian parutlah kunyit
  3. Setelah itu, campurkan air dengan parutan kunyit, kemudian saring (pisahkan sari kunyit dengan ampas kunyit)
 4. Kemudian rebus air sari Kunyit tersebut, dan campurkan asam Jawa, gula merah, gula pasir, dan garam secukupnya.
5. Tunggu hingga mendidih


Dokumentasi Foto



Terimakasih, sudah menyempatkan diri untuk membaca blog pengalaman ku membuat jamu tradisional (Jamu Kunyit Asam)

Penulis : Fitri Wahyuningsih
Email : fitriningsih6088@gmail.com
Alamat : Sidorejo RT: 01/ RW: 01, Pamotan, Rembang Jawa Tengah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Layanan Jasa Les private

Mango Sticky Rice Arion

Silsilah Keluarga Ku